Page

Sabtu, 19 Mei 2018

Pengalaman Transaksi Online


Pengalaman Transaksi Online
Salah satu pengalaman transaksi online yang pernah saya lakukan adalah membeli tiket pesawat melalui Nusatrip.com. Sebelum saya memilih situs tersebut, saya sempat membandingkan dengan situs lain yaitu Traveloka. Setelah membandingkan harga di kedua situs tersebut, Nusatrip.com menjadi pilihan saya karena lebih murah. Pemesanan tiket pesawat sangat mudah, kita tinggal memasukkan nama kota, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Saya membeli tiket dua minggu sebelum keberangkatan. Harga yang ditawarkan sudah mulai mahal dibandingkan dengan jika memesan sebulan sebelumnya. Saat itu saya memeriksa harga tiket pada malam hari. Hampir satu jam sekali saya memantau harga tiket di Nusatrip.com. Harga yang ditampilkan selalu berubah-ubah dimana harga tiket saat malam hari berbeda dengan harga saat siang hari ketika saya akan mem-booking tiket pesawat. Saat itu saya berpikir bahwa harga mulai meningkat karena jadwal keberangkatan semakin dekat. Kemudian saya tergesa-gesa untuk mem-booking tiket pada siang hari tersebut. Lalu malam harinya saya memeriksa kembali harga tiket dengan tujuan, jadwal, dan pesawat yang sama ternyata harganya kembali turun. Sama seperti harga yang saya lihat kemarin malam. Saya sedikit menyesal karena terlalu tergesa-gesa untuk mem-booking tiket pada siang hari. Padahal harga tiket saat malam hari lebih murah.
Kelebihan:
1.      Harga lebih murah dibandingkan dengan agen tiket pesawat yang lain
2.      Tidak ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak
3.      Tersedia layanan panduan untuk mengetahui alur pemesanan tiket pesawat
4.      Tampilan website menarik dan pemesanan mudah
Kekurangan:
1.      Jarang ada promosi atau diskon
2.      Informasi yang ada di e-ticket kurang lengkap. Tidak ada informasi mengenai terminal mana yang akan dituju untuk check-in. Sehingga saya pernah salah terminal dan baru tahu setelah bertanya dengan petugas bandara


Saran dan masukan:
1.      Sebaiknya lebih sering diadakan promosi untuk menarik pelanggan atau diskon untuk pelanggan yang sudah sering membeli tiket di situs Nusatrip.com
2.      Informasi pada e-ticket lebih didetailkan lagi agar tidak membingungkan pelanggan yang belum tahu tentang bandara keberangkatan maupun tujuan

Kelebihan E-Commerce
Kelebihan bagi organisasi:
1.      Dapat memperluas pasar hingga taraf internasional
2.      Mengurangi biaya pendistribusian
3.      Meningkatkan brand perusahaan
4.      Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik
Kelebihan bagi pelanggan:
1.      Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu
2.      Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
3.      Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat  membandingkan harga satu dengan lainnya
4.      Dapat memberikan informasi lebih cepat
Kelebihan bagi masyarakat:
1.      Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
2.      Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya bisa lebih terjangkau
3.      Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar