Pengalaman Transaksi Online
Salah satu pengalaman transaksi online yang pernah saya lakukan
adalah membeli tiket pesawat melalui Nusatrip.com. Sebelum saya memilih situs
tersebut, saya sempat membandingkan dengan situs lain yaitu Traveloka. Setelah
membandingkan harga di kedua situs tersebut, Nusatrip.com menjadi pilihan saya
karena lebih murah. Pemesanan tiket pesawat sangat mudah, kita tinggal
memasukkan nama kota, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
Saya membeli tiket dua minggu sebelum keberangkatan. Harga yang
ditawarkan sudah mulai mahal dibandingkan dengan jika memesan sebulan
sebelumnya. Saat itu saya memeriksa harga tiket pada malam hari. Hampir satu
jam sekali saya memantau harga tiket di Nusatrip.com. Harga yang ditampilkan
selalu berubah-ubah dimana harga tiket saat malam hari berbeda dengan harga
saat siang hari ketika saya akan mem-booking tiket pesawat. Saat itu
saya berpikir bahwa harga mulai meningkat karena jadwal keberangkatan semakin
dekat. Kemudian saya tergesa-gesa untuk mem-booking tiket pada siang
hari tersebut. Lalu malam harinya saya memeriksa kembali harga tiket dengan
tujuan, jadwal, dan pesawat yang sama ternyata harganya kembali turun. Sama
seperti harga yang saya lihat kemarin malam. Saya sedikit menyesal karena
terlalu tergesa-gesa untuk mem-booking tiket pada siang hari. Padahal harga
tiket saat malam hari lebih murah.
Kelebihan:
1.
Harga
lebih murah dibandingkan dengan agen tiket pesawat yang lain
2.
Tidak
ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak
3.
Tersedia
layanan panduan untuk mengetahui alur pemesanan tiket pesawat
4.
Tampilan
website menarik dan pemesanan mudah
Kekurangan:
1.
Jarang
ada promosi atau diskon
2.
Informasi
yang ada di e-ticket kurang lengkap. Tidak ada informasi mengenai
terminal mana yang akan dituju untuk check-in. Sehingga saya pernah
salah terminal dan baru tahu setelah bertanya dengan petugas bandara
Saran dan masukan:
1.
Sebaiknya
lebih sering diadakan promosi untuk menarik pelanggan atau diskon untuk
pelanggan yang sudah sering membeli tiket di situs Nusatrip.com
2.
Informasi
pada e-ticket lebih didetailkan lagi agar tidak membingungkan pelanggan
yang belum tahu tentang bandara keberangkatan maupun tujuan
Kelebihan E-Commerce
Kelebihan bagi organisasi:
1.
Dapat
memperluas pasar hingga taraf internasional
2.
Mengurangi
biaya pendistribusian
3.
Meningkatkan
brand perusahaan
4.
Dapat
menyediakan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik
Kelebihan bagi pelanggan:
1.
Dapat
memberikan layanan tanpa ada batasan waktu
2.
Mampu
memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
3.
Dengan
banyaknya pilihan pelanggan dapat
membandingkan harga satu dengan lainnya
4.
Dapat
memberikan informasi lebih cepat
Kelebihan bagi masyarakat:
1.
Tidak
perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
2.
Dapat
mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya bisa lebih terjangkau
3.
Dapat
membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar